Selasa, 04 Februari 2014



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Satuan Pendidikan : SMP / MTs
Mata Pelajaran       : IPA FISIKA
Kelas /Semester       : IX/ I
Pokok Bahasan       : Hukum Ohm
Alokasi Waktu        : 2 x 40 menit        
Tahun Pelajaran     : 2012/2013
I.      Standar Kompetensi
    3. Memahami konsep kelistrikan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

II.            Kompetensi Dasar
3.2  Menganalisis percobaan listrik dinamis dalam suatu rangkaian serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

III.             Indikator :
A.    Kognitif
Ø  Produk
1.      Mendeskripsikan hubungan antara tegangan, kuat arus, dan hambatan.
2.      Menerapkan persamaan hukum ohm.
Ø  Proses
1.      Menyelidiki hubungan besar tegangan, kuat arus dan hambatan dalam suatu rangkaian.
B.     Psikomotor
1.      Terampil dalam melakukan percobaan.
C.    Afektif
Ø  Karakter
1.      Menunjukkan  perilaku berkarakter dalam hal jujur, teliti, disiplin dan bertanggungjawab.
Ø  Keterampilan Sosial
1.      Mengajukan pertanyaan ketika mengalami kesulitan.
2.      Menyumbangkan ide-ide atau gagasan pada saat melakukan pengamatan.
3.      Membagi pendapat kepada teman kelompoknya.

IV.             Tujuan Pembelajaran
A.    Kognitif
Ø  Produk
1.      Dapat menemukan hubungan antara tegangan, kuat arus dan hambatan.
2.      Dapat menemukan rumus Hukum Ohm.
3.      Dapat mengetahui penyataan Hukum Ohm.

Ø  Proses
1.      Dapat merumuskan masalah
2.      Dapat merumuskan hipotesis
3.      Dapat mengidentifikasi variabel manipulasi
4.      Dapat mengidentifikasi variabel respon
5.      Dapat mengidentifikasi variabel kontrol
6.      Dapat membuat tabel pengamatan
7.      Dapat membuat grafik
8.      Dapat menganalisis data
B.     Psikomotor
1.      Terampil merangkai alat
2.      Terampil menggunakan voltmeter
3.      Terampil menggunakan amperemeter
C.    Afektif
Ø  Karakter
1.      Berperilaku jujur dalam mengumpulkan data
2.      Teliti dalam membaca skala voltmeter dan amperemeter
3.      Disiplin pada saat melakukan percobaan
Ø  Keterampilan Sosial
1.      Mengajukan pertanyaan ketika mengalami kesulitan
2.      Menyumbangkan ide-ide atau gagasan pada saat melakukan pengamatan
3.      Membagi pendapat kepada teman kelompoknya
4.      Menjadi pendengar yang baik

V.                Materi Pembelajaran
Hukum Ohm
            Bila sebuah sumber tegangan ( E ) dihubungkan dengan sebuah beban yang mempunyai hambatan sebesar ( R ) maka pada beban tersebut mengalir arus listrik sebesar ( I ) dan mempunyai beda potensial sebesar ( V ).
                                    Misalnya pada sebuah rangkaian yang terdiri lampu dan baterai, lampu yang dinyalakan dengan satu buah baterai akan menyala redup,  dan dengan tiga baterai lebih terang, karena arus yang mengalir lebih besar. Jadi semakin besar beda potensial maka semakin besar pula arus listrik yang dihasilkan.
Menurut George Simon Ohm
                                    “ Besar arus listrik yang mengalir pada suatu rangkaian tertutup  sebanding dengan beda potensial listrik dan  berbanding terbalik dengan hambatannya “                                          
   atau
                                         
                                  Dimana :
                                              R : Hambatan Listrik ( ohm )
                                               I : Kuat arus listrik ( Ampere )
                                              V : Tegangan listrik ( volt )
v  Contoh Soal :
                        Sebuah kawat penghantar memiliki beda potensial 6 V menyebabkan arus mengalir pada kawat itu sebesar 2 A, berapakah hambatan kawat itu ?
            Jawaban
                      Diketahui :
                                  V = 6 volt
                                  I = 2 A
                      Ditanyakan : R …?
                      Peny :  R =  
                                =
                             R = 3 Ω

v  Soal latihan
                                    Sebuah kawat memiliki hambatan sebesar 20 Ω , mengalir arus listrik sebesar 3 A, berapakah beda potensial diantara ujung – ujung kawat tersebut ?
                        Jawab :
                                    Diketahui : R = 20 Ω
                                                        I = 3 A
                                    Ditanyakan : V ….?
                                                Peny :
                                                                      = 3
                                                                      = 60 volt

VI.              Model dan Metode Pembelajaran
1.      Model     : Pembelajaran Kooperatif
2.      Metode   : Eksperimen

VII.           Kegiatan Pembelajaran

Proses Belajar Mengajar/ Langkah-langkah Pembelajaran
Fase
Kegiatan Guru
Waktu

I
Menyampaikan tujuan penbelajaran dan memotivasi siswa
1.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
2.      Guru menyampaikan prasyarat dan memotivasi siswa

5



II
Menyajikan informasi
1.      Guru memperkenalkan alat dan bahan
2.      Guru menjelaskan langkah kerja yang akan dilakukan
3.      Guru menginformasikan NST alat yang digunakan
4.      Guru menjelaskan cara mengisi LKS
5.      Guru menginformasikan bahwa setelah melakukan percobaan siswa akan mempersentasikan hasil percobaanya



5

III
Mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok-kelompok belajar
1.      Guru mengatur tempat duduk siswa sesuai dengan kelompoknya masing-masing

5



IV
Membimbing siswa bekerja dan belajar
1.      Membimbing cara merumuskan masalah
2.      Membimbing cara merumuskan hipotesis
3.      Membimbing cara mengidentifikasi variabel manipulasi
4.      Membimbing cara mengidentifikasi variabel respon
5.      Membimbing cara mengidentifikasi variabel kontrol
6.      Membimbing cara membuat tabel pengamatan
7.      Membimbing cara membuat grafik
8.      Membimbing cara menganalisis data



30


V
Evaluasi
1.      Guru meminta salah satu kelompok untuk mempersentasikan hasil percobaannya, dan kelompok lain diberikan kesempatan untuk menanggapi.




20




VI
Memberikan penghargaan
1.      Guru meminta kepada siswa untuk memberikan tepuk tangan kepada kelompok yang telah mempersentasikan hasil percobaannya.
2.      Guru mengecek pemahaman siswa dengan cara memberikan soal-soal yang sesuai dengan tujuan pembelajaran
3.      Guru meminta siswa untuk merangkum materi
4.      Guru memberikan tugas kepada siswa berupa pkerjaan rumah
5.      Guru memberikan tindak lanjut



15

VIII.        Penilaian
Teknik penilaian
Teknik          : Tertulis
Bentuk          : Uraian

A.     Penilaian Kinerja
1.      Kognitif
a.      Produk
No
Uraian tugas
jawaban
Skor maksimum
1.















2.
















3.















4.













5. 














Pada rangkaian manakah arus mengalir lebih besar? Kemukakan alasanmu!




 









Pada gambar manakah arus yang mengalir lebih kecil? Kemukakan alasanmu!



 




                                                                                     





Sebuah bohlam dihubungkan dengan tegangan 220 volt sehingga arus yang mengalir sebesar 5 ampere, hitunglah hambatan yang terdapat pada lampu tersebut!











Hitung besar tegangan yang digunakan pada hambatan jika diketahui hambatan listrik sebesar 30 ohm, dan besar arus yang mengalir sebesar 0,3 ampere!









Hitunglah arus yang mengalir pada rangkaian listrik yang menggunakan tegangan 12 volt dengan hambatan sebesar 4 ohm!
Pada gambar kedua, karena pada rangkaian tersebut menggunakan 2 baterai artinya tegangannya juga lebih besar sehingga arus yang mengalir akan lebih besar pula.











Pada rangkaian kedua, karena pada rangkaian tersebut menggunakan 2 lampu, artinya hambatannya besar sehingga arus yang mengalir akan lebih kecil.











Dik:
        V = 220 V
        I = 5 A
Dit
      R =.....
Peny:





Dik:
       

        I = 0,3 A

Dit
      V =.....
Peny:



Dik:
        V = 12 V
      


Dit
      I =.....
Peny:

       





5














5

















11














11













11
Jumlah
46

     Rumus penilaian:
NP :  x 100% = ......

b.      Proses
No
Uraian tugas kinerja
Skor max
Skor perolehan
1
2
3
4
5
6
7
8
9
Merumuskan masalah
Merumuskan hipotesis
Mengidentivikasi variabel manipulasi
Mengidentifikasi variabel respon
Mengidentifikasi variabel kontrol
Membuat tabel pengamatan
Membuat grafik
Menganalisis
Kesimpulan

5
5
10
10
10
10
20
20
10

Jumlah
100

         
Rumus penilaian:
NP :  x 100 = ......

2.      Psikomotor
No
Uraian tugas kinerja
Skor max
Skor perolehan
1
2
3

Terampil merangkai alat
Terampil menggunakan Voltmeter
Terampil menggunakan Amperemeter
20
15
15

Jumlah
50


Rumus penilaian:
NP :  x 100 = ......

2.      Afektif
a.      Perilaku Berkarakter
No
Uraian tugas
A
B
C
D
1
2
3
4
Jujur
Teliti
Disiplin
Bertanggungjawab




Ket:
A : Sangat memuaskan (4)
B : Memuaskan (3)
C : cukup (2)
D : Kurang memuaskan (1)
Skor max = A × jumlah uraian tugas
                      = 4 × 4
Rumus penilaian:
NP :  x 100 = ......
b.      Keterampilan Sosial
No
Uraian tugas
A
B
C
D
1
2
3
4
Menjadi pendengar yang baik
Menyumbangkan ide
Bertanya
Membagi pendapat




Ket:
A : Sangat baik (4)
B : Baik (3)
C : cukup (2)
D : Kurang (1)
Skor max = A × jumlah uraian tugas
                        = 4 × 4
                        = 16
Rumus penilaian:
NP :  x 100 = ......
Rumus penilaian untuk nilai total
NPtot =

IX.              Buku Sumber
Buku siswa,format penilaian,lks,alat dan bahan

0 komentar:

Posting Komentar