Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Satuan
Pendidikan : SMP / MTs
Mata
Pelajaran : IPA FISIKA
Kelas
/Semester : IX/ I
Pokok
Bahasan : Hukum Ohm
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
Tahun Pelajaran : 2012/2013
I. Standar Kompetensi
3. Memahami konsep kelistrikan dan
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
II.
Kompetensi
Dasar
3.2 Menganalisis percobaan listrik dinamis dalam suatu
rangkaian serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
III.
Indikator
:
A. Kognitif
Ø Produk
1.
Mendeskripsikan hubungan antara
tegangan, kuat arus, dan hambatan.
2.
Menerapkan persamaan hukum ohm.
Ø Proses
1.
Menyelidiki hubungan besar tegangan, kuat
arus dan hambatan dalam suatu rangkaian.
B. Psikomotor
1.
Terampil dalam melakukan percobaan.
C. Afektif
Ø Karakter
1.
Menunjukkan perilaku berkarakter dalam hal jujur, teliti,
disiplin dan bertanggungjawab.
Ø Keterampilan
Sosial
1.
Mengajukan pertanyaan ketika mengalami
kesulitan.
2.
Menyumbangkan ide-ide atau gagasan pada
saat melakukan pengamatan.
3.
Membagi pendapat kepada teman
kelompoknya.
IV.
Tujuan
Pembelajaran
A. Kognitif
Ø Produk
1.
Dapat menemukan hubungan antara
tegangan, kuat arus dan hambatan.
2.
Dapat menemukan rumus Hukum Ohm.
3.
Dapat mengetahui penyataan Hukum Ohm.
Ø Proses
1.
Dapat merumuskan masalah
2.
Dapat merumuskan hipotesis
3.
Dapat mengidentifikasi variabel
manipulasi
4.
Dapat mengidentifikasi variabel respon
5.
Dapat mengidentifikasi variabel kontrol
6.
Dapat membuat tabel pengamatan
7.
Dapat membuat grafik
8.
Dapat menganalisis data
B. Psikomotor
1.
Terampil merangkai alat
2.
Terampil menggunakan voltmeter
3.
Terampil menggunakan amperemeter
C.
Afektif
Ø Karakter
1. Berperilaku jujur dalam mengumpulkan data
2. Teliti dalam membaca skala voltmeter dan amperemeter
3. Disiplin pada saat melakukan percobaan
Ø Keterampilan Sosial
1. Mengajukan pertanyaan ketika mengalami kesulitan
2. Menyumbangkan ide-ide atau gagasan
pada saat melakukan pengamatan
3. Membagi pendapat kepada teman kelompoknya
4. Menjadi pendengar yang baik
V.
Materi Pembelajaran
Hukum
Ohm
Bila
sebuah sumber tegangan ( E ) dihubungkan dengan sebuah beban yang mempunyai
hambatan sebesar ( R ) maka pada beban tersebut mengalir arus listrik sebesar (
I ) dan mempunyai beda potensial sebesar ( V ).
Misalnya
pada sebuah rangkaian yang terdiri lampu dan baterai, lampu yang dinyalakan
dengan satu buah baterai akan menyala redup,
dan dengan tiga baterai lebih terang, karena arus yang mengalir lebih
besar. Jadi semakin besar beda potensial maka semakin besar pula arus listrik
yang dihasilkan.
Menurut
George Simon Ohm
“ Besar arus
listrik yang mengalir pada suatu rangkaian tertutup sebanding dengan beda potensial listrik
dan berbanding terbalik dengan
hambatannya “
atau
Dimana
:
R : Hambatan Listrik (
ohm )
I : Kuat arus listrik ( Ampere )
V : Tegangan listrik (
volt )
v Contoh
Soal :
Sebuah kawat penghantar
memiliki beda potensial 6 V menyebabkan arus mengalir pada kawat itu sebesar 2
A, berapakah hambatan kawat itu ?
Jawaban
Diketahui :
V
= 6 volt
I = 2 A
Ditanyakan : R …?
Peny : R
=
=
R
= 3
Ω
v Soal
latihan
Sebuah kawat
memiliki hambatan sebesar 20 Ω , mengalir arus listrik sebesar 3 A, berapakah
beda potensial diantara ujung – ujung kawat tersebut ?
Jawab :
Diketahui :
R = 20 Ω
I = 3 A
Ditanyakan :
V ….?
Peny
:
= 3
= 60 volt
VI.
Model dan Metode Pembelajaran
1. Model : Pembelajaran Kooperatif
2. Metode : Eksperimen
VII.
Kegiatan Pembelajaran
Proses Belajar Mengajar/
Langkah-langkah Pembelajaran
Fase
|
Kegiatan Guru
|
Waktu
|
I
|
Menyampaikan tujuan
penbelajaran dan memotivasi siswa
1. Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran
2. Guru menyampaikan prasyarat dan
memotivasi siswa
|
5
|
II
|
Menyajikan informasi
1. Guru memperkenalkan alat dan
bahan
2. Guru menjelaskan langkah kerja
yang akan dilakukan
3. Guru menginformasikan NST alat
yang digunakan
4. Guru menjelaskan cara mengisi
LKS
5. Guru menginformasikan bahwa
setelah melakukan percobaan siswa akan mempersentasikan hasil percobaanya
|
5
|
III
|
Mengorganisasikan
siswa ke dalam kelompok-kelompok belajar
1. Guru mengatur tempat duduk
siswa sesuai dengan kelompoknya masing-masing
|
5
|
IV
|
Membimbing
siswa bekerja dan belajar
1. Membimbing cara merumuskan
masalah
2. Membimbing cara merumuskan
hipotesis
3. Membimbing cara
mengidentifikasi variabel manipulasi
4. Membimbing cara
mengidentifikasi variabel respon
5. Membimbing cara
mengidentifikasi variabel kontrol
6. Membimbing cara membuat tabel
pengamatan
7. Membimbing cara membuat grafik
8. Membimbing cara menganalisis
data
|
30
|
V
|
Evaluasi
1. Guru meminta salah satu
kelompok untuk mempersentasikan hasil percobaannya, dan kelompok lain
diberikan kesempatan untuk menanggapi.
|
20
|
VI
|
Memberikan
penghargaan
1. Guru meminta kepada siswa untuk
memberikan tepuk tangan kepada kelompok yang telah mempersentasikan hasil
percobaannya.
2. Guru mengecek pemahaman siswa
dengan cara memberikan soal-soal yang sesuai dengan tujuan pembelajaran
3. Guru meminta siswa untuk
merangkum materi
4. Guru memberikan tugas kepada
siswa berupa pkerjaan rumah
5. Guru memberikan tindak lanjut
|
15
|
VIII.
Penilaian
Teknik penilaian
Teknik : Tertulis
Bentuk : Uraian
A.
Penilaian Kinerja
1.
Kognitif
a.
Produk
No
|
Uraian tugas
|
jawaban
|
Skor maksimum
|
1.
2.
3.
4.
5.
|
Pada rangkaian manakah arus
mengalir lebih besar? Kemukakan alasanmu!
Pada gambar
manakah arus yang mengalir lebih kecil? Kemukakan alasanmu!
Sebuah
bohlam dihubungkan dengan tegangan 220 volt sehingga arus yang mengalir
sebesar 5 ampere, hitunglah hambatan yang terdapat pada lampu tersebut!
Hitung
besar tegangan yang digunakan pada hambatan jika diketahui hambatan listrik
sebesar 30 ohm, dan besar arus yang mengalir sebesar 0,3 ampere!
Hitunglah
arus yang mengalir pada rangkaian listrik yang menggunakan tegangan 12 volt
dengan hambatan sebesar 4 ohm!
|
Pada
gambar kedua, karena pada rangkaian tersebut menggunakan 2 baterai artinya
tegangannya juga lebih besar sehingga arus yang mengalir akan lebih besar
pula.
Pada
rangkaian kedua, karena pada rangkaian tersebut menggunakan 2 lampu, artinya
hambatannya besar sehingga arus yang mengalir akan lebih kecil.
Dik:
V = 220 V
I = 5 A
Dit
R =.....
Peny:
Dik:
I = 0,3 A
Dit
V =.....
Peny:
Dik:
V = 12 V
Dit
I =.....
Peny:
|
5
5
11
11
11
|
Jumlah
|
46
|
Rumus
penilaian:
NP :
x
100% = ......
b.
Proses
No
|
Uraian tugas kinerja
|
Skor max
|
Skor perolehan
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
|
Merumuskan
masalah
Merumuskan
hipotesis
Mengidentivikasi
variabel manipulasi
Mengidentifikasi variabel respon
Mengidentifikasi variabel kontrol
Membuat tabel pengamatan
Membuat grafik
Menganalisis
Kesimpulan
|
5
5
10
10
10
10
20
20
10
|
|
Jumlah
|
100
|
|
Rumus penilaian:
NP :
x
100 = ......
2.
Psikomotor
No
|
Uraian tugas kinerja
|
Skor max
|
Skor perolehan
|
1
2
3
|
Terampil
merangkai alat
Terampil
menggunakan Voltmeter
Terampil
menggunakan Amperemeter
|
20
15
15
|
|
Jumlah
|
50
|
|
Rumus penilaian:
NP :
x
100 = ......
2.
Afektif
a.
Perilaku Berkarakter
No
|
Uraian
tugas
|
A
|
B
|
C
|
D
|
1
2
3
4
|
Jujur
Teliti
Disiplin
Bertanggungjawab
|
|
|
|
|
Ket:
A
: Sangat memuaskan (4)
B
: Memuaskan (3)
C
: cukup (2)
D
: Kurang memuaskan (1)
Skor
max = A × jumlah uraian tugas
=
4 × 4
Rumus penilaian:
NP
:
x
100 = ......
b.
Keterampilan Sosial
No
|
Uraian
tugas
|
A
|
B
|
C
|
D
|
1
2
3
4
|
Menjadi pendengar yang baik
Menyumbangkan ide
Bertanya
Membagi pendapat
|
|
|
|
|
Ket:
A : Sangat baik (4)
B : Baik (3)
C : cukup (2)
D : Kurang (1)
Skor
max = A × jumlah uraian tugas
= 4 × 4
= 16
Rumus penilaian:
NP :
x
100 = ......
Rumus penilaian untuk nilai total
NPtot
=
IX.
Buku Sumber
Buku
siswa,format penilaian,lks,alat dan bahan
0 komentar:
Posting Komentar